Kopi identik dengan kedewasaan. Untuk mendapatkan secangkir kopi yang nikmat, dibutuhkan proses yang panjang. Mulai dari memilih biji kopi yang matang, dikupas kulitnya, dipanggang, sampai digiling jadi bubuk kopi dan diseduh dengan air panas.

Proses pembuatan secangkir kopi mengajarkan kita untuk mempersiapkan mental dan fisik ketika menuju kedewasaan. Itu sebuah filosofi kopi.

Meskipun Indonesia memiliki berbagai jenis kopi, tapi di peringkat penghasil kopi export di dunia, Indonesia hanya di urutan ke-3 setelah Brazil dan Vietnam. Hal ini karena kopi Indonesia masih belum diseriuskan untuk digarap. Berikut beberapa jenis Kopi Premium yang ada di Indonesia.

  • BALI KINTAMANI

Bali bukan hanya terkenal karena budaya dan keindahan alamnya tetapi terkenal juga dengan kopinya. Daerah Kintamani yang terletak di utara Pulau Bali adalah penghasil kopi utama. Dengan ketinggian 1200m dpl, tanah subur vulkanis & udara sejuk membuat Kintamani Highland sangat ideal untuk pertumbuhan kopi yang bermutu tinggi. Dengan prinsip “Tri Hita Karana”, petani menjaga perdamaian dan ketenangan terhadap alam. Kopi Arabika Kintamani Moon lebih memiliki aroma menyengat dibandingkan  dengan kopi jawa yang memiliki aroma rempah. Kopi Arabika Kintamani telah dianugrahi sertifikat Geographical Indication (GI) pada tahun 2008.

  • FLORES BAJAWA

Kopi Arabika FLORES BAJAWA berasal dari kota kecil sejuk, Bajawa, yang berada di kaki gunung Inerie, Flores. Kopi Arabika Flores Bajawa adalah sumber pendapatan utama masyarakat di sini. Tidak hanya oleh warga Amerika, Kopi Arabika Flores Bajawa juga diburu oleh warga Eropa karena memiliki citarasa kuat dan harum. Kini Kopi Arabika FLORES BAJAWA telah diekspor hampir ke seluruh dunia, terutama ke Amerika. Perkebunan kopi di Bajawa berada di ketinggian diatas 1300m dpl, tanah subur vulkanis dan iklim sejuk sangat cocok untuk menghasilkan Kopi Arabika bermutu tinggi.

  • ACEH GAYO

Kopi Arabika Gayo Highland berasal dari Dataran Tinggi Gayo yang indah, sejuk & subur. Terletak di Aceh Tengah, Pulau Sumatera. Dataran Tinggi Gayo adalah salah satu penghasil kopi organik terbesar dan terbaik didunia. Lebih dari 80 % masyarakat di sini hidup dengan berkebun kopi pada perkebunan peninggalan Belanda. Di timur Kota Takengon  (ibukota kabupaten Aceh Tengah) terbentang Danau Laut Tawar nan indah, yang terbentuk dari letusan gunung Leuser ribuan tahun yang lalu. Tanah vulkanik yang subur serta hawa sejuk pegunungan 1200 m dpl membuat Dataran Tinggi Gayo sangat cocok ditanami kopi jenis Arabika

  • JAVA PREANGER

Kopi Arabika Java Mountain berasal dari Perkebunan Kopi yang indah, sejuk dan eksotis dekat kota Banyuwangi, Jawa Timur. Berada di jalur wisata alam menuju Kawah Gunung Ijen. Gunung Ijen juga dikenal mempunyai kawah dengan fenomena api biru yang hanya ada dua didunia, selain di Alaska. Berada di ketinggian 1400m dpl, dahulu Jawa merupakan pusat kopi dunia setelah Ehiopia dan Arab. Kopi Jawa terkenal di Eropa dan Amerika dengan istilah “Java” (A Glass of Java = Secangkir Kopi). Banyuwangi dijuluki “The City of Coffee” karena mempunyai kopi yang sangat nikmat. Slogannya: “Sekali Seduh Kita Bersaudara”.

  • LINTONG

Kopi Lintong Ni Huta adalah kopi asli Sumatera Utara yang berasal dari Lintong Nihuta, Kabupaten Humbang Hasundutan Tapanuli Utara. Kopi Lintong telah menembus dunia dan diakui oleh para penikmat kopi sejati sebagai satu di antara kopi terbaik yang perlu dicicipi. Kopi Lintong bukan nama jenis atau spesies tambahan dari kopi robusta dan arabika. Melainkan nama sebuah brand-merk dagang yang dijual ke pasar domestik dan mancanegara. Di dunia (pasar internasional), kopi lintong dikenal nama seperti Sumatra Blue Lintong. Kopi lintong merupakan kopi yang dipetik langsung dari pokok kopi.

  • MANDAILING

Mandheling adalah sebutan Belanda untuk suku Batak Mandailing yg mendiami kabupaten Mandailing, Natal, Propinsi Sumatera Utara. Kopi Arabika Mandheling Highland berasal dari Perkebunan Kopi di kecamatan Pakantan dan sekitarnya. Berada pada ketinggian 1200 dpl sehingga sangat cocok untuk tumbuhnya kopi bermutu tinggi. Kopi Arabika Mandheling Highland adalah salah satu kopi premium Indonesia yang sudah mendunia sejak tahun 1800-an. Desa dan hamparan padi tradisional, berhawa sejuk-segar, masyarakat yang ramah-santun.

  • PAPUA WAMENA

Wamena, sebuah kota kecil yang beriklim sangat dingin, terletak di lembah Baliem, pegunungan Jayawijaya, Papua. Kopi Arabika Papua Wamena tumbuh subur di ketinggian 1600m dpl, tertinggi di Indonesia. Wamena menghasilkan tanaman kopi organik berkelas dunia. Merupakan salah satu varian Kopi Starbuck dan sudah di ekspor juga ke Amerika. Kopi Arabika Papua Wamena yang bertekstur ringan dan minim ampas ini memiliki citarasa yang begitu khas. Jika diseduh akan menghasilkan aroma semerbak, tidak terlalu kental, tidak terlalu pahit dan meninggalkan kesan yang sangat lembut karena tingkat keasamannya relatif rendah.

  • SIDIKALANG

Sidikalang, ibukota kabupaten Dairi, berada di barat-laut Propinsi Sumatra Utara Penduduk aslinya adalah Etnis Pakpak. Salah satu komoditas yang terkenal dari Sidikalang adalah kopi. Dengan ketinggian 1000-1500m dpl, berudara sejuk-dingin & tanah vulkanis Pegunungan Bukit Barisan yang kaya mineral menghasilkan Kopi Arabika Sidikalang Memory bermutu tinggi. Sangat terkenal akan kenikmatan cita rasanya. Telah oleh hampir seluruh pencinta kopi dunia. Mampu bersaing dengan Kopi Brazil, salah satu kopi terbaik dunia.

  • TORAJA

Sulawesi menawarkan berjuta keelokan dan eksotisme alam yang mempesona. Kebanggaan lain masyarakat Sulawesi, khususnya Sulawesi Selatan, adalah daerah penghasil kopi yang sudah dikenal di dunia yaitu Tana Toraja. Kopi Arabika Toraja – Kalossi dijuluki “Queen of Coffee” karena memiliki citarasa yang nikmat. Kopi Toraja, oleh Belanda, disebut juga “Celebes-Kalossi”. Di Jepang Kopi Arabika Toraja Kalossi termasuk barang mewah. Hampir 40 % kopi yang dikonsumsi di Jepang berasal dari Tana Toraja.

  • HOUSE BLEND

Kopi house blend adalah campuran atau racikan dari beberapa jenis kopi, baik varietas maupun single origin. Berbeda dengan single origin yang berarti kopi dari satu daerah tertentu, kopi blend adalah campuran dari dua atau lebih dari beberapa single origin. Tujuannya adalah untuk mendapatkan rasa yang lebih kompleks. Oleh karena hal itulah, Daily Brew kemudian melakukan peracikan. Harapannya adalah bisa menghasilkan rasa yang seimbang dan lebih disukai oleh konsumen. Hasil racikan atau blend ini kemudian melahirkan sebuah istilah dalam dunia perkopian, yaitu house blend.

 

 

Itulah beberapa jenis Premium Kopi yang ada di Indonesia. Jika kamu ingin mencicipi kopi Premium Terbaik Indonesia, kamu bisa mengununjungi marketplace kami di :
www.shopee.co.id/koffiendo
www.bukalapak.com/koffiendo
www.lazada.co.id/daily-brew-koffie
www.tokopedia.com/dailybrew